Bagi rekan-rekan yang berkaitan dengan aktivitas di kesehatan, khususnya di bidang manajemen rumah sakit, saya menawarkan salah satu produk grup perusahaan saya PT SOFTCHIP COMPUTAMA INDONESIA dan PT. QTASNIM DIGITAL TEKNOLOGI berupa aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).
SIMRS ini adalah produk enterprise atau lebih dikenal dengan Enterprise Resource Planning (ERP) System Software. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini didesain dapat diakses melalui aplikasi berbasis web yang akan mengakomodasi peran-peran setiap entitas yang ada baik internal maupun eksternal.
2. Pelayanan Rawat Jalan
3. Pelayanan Rawat Inap
4. Pelayanan IGD
5. Rekam Medik
6. Billing Keuangan
7. Farmasi
8. Radiologi
9. Laboratorium
10. Gizi
11. Akuntansi dan Keuangan
12. Manajemen Persediaan Farmasi
13. Manajemen Persediaan Umum
14. HRD
15. Pemasaran
16. Layanan SMS Gateway
17. Mobile Application
18. Antrian (Queue)
MODEL INEVESTASI
Terima kasih sebelumnya dan semoga bermanfaat.
Official Website
www.kliksci.com dan www.qtasnim.com
SIMRS ini adalah produk enterprise atau lebih dikenal dengan Enterprise Resource Planning (ERP) System Software. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini didesain dapat diakses melalui aplikasi berbasis web yang akan mengakomodasi peran-peran setiap entitas yang ada baik internal maupun eksternal.
MANFAAT
Manfaat yang didapatkan oleh Rumah Sakit dalam implementasi QHospital Enterprise System (QHOPES ini di antaranya adalah:- Efisiensi
- Kemudahan
- Standard praktek kedokteran yang baik dan benar
- Dokumentasi yang Auditable dan Accountable
- Mendukung Pemasaran Jasa RS: Mutu, kecepatan, kenyamanan, kepastian, biaya, bahkan gengsi pelayanan
- Meningkatkan profesionalisme dan kinerja manajemen rumah sakit
- Mendukung koordinasi antar bagian dalam rumah sakit
- Meningkatkan akses dan pelayanan rumah sakit terhadap berbagai sumber daya, antara lain mitra usaha potensial seperi Pedagang Besar Farmasi, JAMSOSTEK, Instansi/Perusahaan pemberi jaminan karyawannya, ASKES, dll
- Meningkatkan profesionalisme manajemen rumah sakit
- Meningkatkan pendapatan rumah sakit
KEUNGGULAN
QHospital Enterprise
System (QHOPES) memiliki keunggulan sebagai berikut:
Reliable
QHOPES merupakan aplikasi yang dapat berjalan dengan handal, tahan
terhadap kesalahan pemasukan data, perubahan sistem operasi dan bug free
Interoperable
QHOPES akan dapat
saling berkomunikasi serta bertukar data dan informasi dengan sistem aplikasi
lain untuk membentuk sinergi sistem
Scalable
QHOPES akan dapat dengan mudah
ditingkatkan kemampuannya, terutama penambahan fitur baru, penambahan
user dan kemampuan pengelolaan data yang
lebih besar
User Friendly
QHOPES akan mudah dioperasikan dengan user interface (antar muka pengguna) yang lazim berlaku di Rumah Sakit dan sesuai
dengan kebiasaan bahasa penggunanya
Integrateable
QHOPES mempunyai fitur untuk kemudahan integrasi dengan sistem
aplikasi lain, terutama untuk melakukan transaksi pertukaran data dan informasi antar sistem aplikasi e-Government, baik dalam lingkup satu pemerintah daerah dengan
pemerintah daerah lain.
FITUR
Secara spesifik fitur-fitur unggulan yang terdapat dalam sistem ini
adalah sebagai berikut:
- Bersifat Modular sehingga dapat diimplementasikan secara bertahap sesuai dengan kondisi dan perencanaan rumah sakit.
- Pengelolaan data pasien umum, data pasien khusus (kantor, kedinasan, dan asuransi), data pasien ASKES (Askes sosial, Askeskin, dll.)
- Kostumisasi printout kartu berobat/ kartu rekam medis
- Otomatisasi sistem antrian/ nomor urut pasien berobat
- Komprehensifitas sumber data yang terakomodir dalam sistem (ICD code, tarif & tindakan medis, personil medis, PBF, dll) memudahkan penyediaan dan adjustment format/laporan.
- Presentasi informasi cepat dalam katagori informasi pasien secara umum, Informasi bangsal/ruangan, informasi tarif, serta informasi pasien rawat inap.
- Reliabilitas rancangan sistem jaringan yang memungkinkan aplikasi bekerja on line antar rumah sakit, poliklinik, apotik, Laboratorium, serta layanan penunjang lainnya
- Dapat diintegrasikan dengan aplikasi medis lainnya seperti aplikasi Puskesmas (Infokes). Sehingga para pengguna baik itu pengguna di Rumah Sakit maupun diinstansi kesehatan lainnya seperti di Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan mendapatkan manfaat yang lebih dari integrasi dua aplikasi tersebut.
MODUL
Modul-modul yang termuat dalam SIMRS ini adalah:
1. Master Data
Manajemen Data
Utama (Master Data) untuk kebutuhan modul-module lain yang terintegrasi
diaplikasi.
2. Pelayanan Rawat Jalan
Manajemen data
pelayanan rawat jalan, dimulai dari registrasi pasien, poliklinik tujuan, input
diagnosa, input tindakan sampai kepada history pasien rawat jalan.
3. Pelayanan Rawat Inap
Manajemen data
pelayanan rawat inap, dimulai dari registrasi pasien, input diagnosa, input
tindakan, info ruangan sampai kepada history pasien rawat jalan
4. Pelayanan IGD
Manajemen data
pelayanan rawat darurat (IGD), dimulai dari registrasi pasien, input diagnosa,
input tindakan, input ODS sampai kepada history pasien rawat darurat.
Berisikan
informasi resume pasien rawat jalan, rawat inap dan rawat darurat, dan laporan
yang berisi rekap data pasien untuk kebutuhan internal rekam medis, Laporan RL,
dan Laporan-laporan Pelayanan Medik.
Berisikan fitur
pelunasan billing dari pelayanan dan penunjang (fitur Kasir), verifikasi dan
closing transaksi, sampai dengan laporan-laporan rekap transaksi, dan fitur
pelunasan piutang
Berisikan
fitur-fitur kebutuhan farmasi, mulai dari pembuatan resep terkait pasien rawat
jalan, rawat inap, rawat darurat dan rujukan, fitur pelunasan resep melalui
bank, manajemen distribusi obat dan alkes, dan pelaporan pengeluaran obat dan
alkes serta laporan history obat pasien.
Berisikan fitur-fitur
kebutuhan Radiologi, mulai dari pendaftaran, input tindakan, hasil pemeriksaan
sampai dengan laporan-laporan yang berkaitan dengan radiologi.
Berisikan
fitur-fitur kebutuhan Laboratorium, mulai dari pendaftaran, input tindakan,
hasil pemeriksaan sampai dengan laporan-laporan yang berkaitan dengan
Laboratorium.
10. Gizi
Berisikan
fitur-fitur kebutuhan penunjang Gizi sampai dengan laporan-laporan pemasukan
dan pengeluaran berkaitan dengan gizi
11. Akuntansi dan Keuangan
Berisikan
fitur-fitur pelaporan akuntansi, cashflow, budgeting, aset dan laporan keuangan
seperti pajak, jasa medik dan lain-lain.
12. Manajemen Persediaan Farmasi
Berisikan
fitur-fitur manajemen persediaan obat dan alkes farmasi, mulai dari pembelian
obat dan alkes, distribusi obat dan alkes dan rekap stok obat dan alkes, juga
dilengkapi dengan laporan-laporan pembelian dan laporan mutasi dan stok obat
dan alkes.
13. Manajemen Persediaan Umum
Berisikan
fitur-fitur manajemen persediaan barang, mulai dari pembelian barang,
distribusi barang dan rekap stok barang, juga dilengkapi dengan laporan-laporan
pembelian dan laporan mutasi dan stok barang.
14. HRD
Berisikan
fitur-fitur manajemen sumber daya
manusia, mulai data pegawai, absensi, renumerasi, dan payroll.
15. Pemasaran
Berisi
Informasi rumah sakit, jadwal poli, jadwal dokter, registrasi online melalui
website.
16. Layanan SMS Gateway
Berikiskan fitur untuk mengirim pesan ke pasien maupun dokter terkait jadwal peraktek dan jadwal konsultasi. Selain itu dapat juga digunakan untuk notifikasi jika diperlukan untuk diintegrasikan dengan modul-modul lain.
Adalah aplikasi mobile aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh pasien untuk melakukan registrasi via mobile device ataupun untuk keperluan dokter melihat berapa banyak pasien yang melakukan registrasi di poli yang dilayaninnya. Selain itu dapat juga digunakan untuk melihat update-update informasi lain yang dibutuhkan.
Modul ini digunakan di front desk pelayanan untuk ketertiban pasien dalam melakukan pendaftaran maupun pembayaran di kasir.
Ke-18 modul tersebut terbagi dalam 4 (empat) kategori versi produk, yakni Versi STANDAR (Modul 1 s.d 6), Versi PROFESIONAL (Modul 1 s.d 10), Versi BISNIS (Modul 1 s.d. 13), dan Versi ENTERPRISE (Modul 1 s.d 18)
Gambar 1 Modul-modul SIMRS QHopes |
MODEL INEVESTASI
Investasi implementasi SIM RS ini bisa dilakukan dengan 3 (tiga) model, yakni: Sistem Beli Putus atau On Premis (SBP), Sistem Sewa Tetap (SST), dan Sistem Kerjasama Operasi (KSO). Kelebihan dan kelemahan ketiga tiper kerjasama tersebut digambarkan sebagai berikut:
Gambar 2 Skema Investasi Implementasi SIMRS QHopes |
Sistem Akuntansi dalam SIMRS QHopes memungkinkan untuk dilakukan Host to Host (H2H) dengan Sistem Perbankan dalam aktivitas cash management perbankan seperti pembayaran dan transaksi piutang.
Salah satu client kami adalah Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Untuk pertanyaan, penjelasan dan follow up lebih lanjut silakan korespondensi via japri ke direct call 0811244107 atau PIN 24DA791E.
Terima kasih sebelumnya dan semoga bermanfaat.
Official Website
www.kliksci.com dan www.qtasnim.com
Gambar 3 Arsitektur SIMRS QHOPES |
No comments:
Post a Comment