Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

SIM RUMAH SAKIT: QHOPES



By  Rudi B. Rosidi     15:08    Labels: 
Bagi rekan-rekan yang berkaitan dengan aktivitas di kesehatan, khususnya di bidang manajemen rumah sakit, saya menawarkan salah satu produk grup perusahaan saya PT SOFTCHIP COMPUTAMA INDONESIA dan PT. QTASNIM DIGITAL TEKNOLOGI berupa aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

SIMRS ini adalah produk enterprise atau lebih dikenal dengan Enterprise Resource Planning (ERP) System Software. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini didesain dapat diakses melalui aplikasi berbasis web yang akan mengakomodasi peran-peran setiap entitas yang ada baik internal maupun eksternal.

MANFAAT
Manfaat yang didapatkan oleh Rumah Sakit dalam implementasi QHospital Enterprise System (QHOPES ini di antaranya adalah:
  • Efisiensi
  • Kemudahan
  • Standard praktek kedokteran yang baik dan benar
  • Dokumentasi yang Auditable dan Accountable
  • Mendukung Pemasaran Jasa RS: Mutu, kecepatan, kenyamanan, kepastian, biaya, bahkan  gengsi pelayanan
  • Meningkatkan profesionalisme dan kinerja manajemen rumah sakit
  • Mendukung koordinasi antar bagian dalam rumah sakit
  • Meningkatkan akses dan pelayanan rumah sakit terhadap berbagai sumber daya, antara lain mitra usaha potensial seperi Pedagang Besar Farmasi, JAMSOSTEK, Instansi/Perusahaan  pemberi jaminan karyawannya, ASKES, dll
  • Meningkatkan profesionalisme manajemen rumah sakit
  • Meningkatkan pendapatan rumah sakit 


KEUNGGULAN
QHospital Enterprise System (QHOPES) memiliki keunggulan sebagai berikut:
Reliable
QHOPES merupakan aplikasi yang dapat berjalan dengan handal, tahan terhadap kesalahan pemasukan data, perubahan sistem operasi dan bug free

Interoperable
QHOPES akan dapat saling berkomunikasi serta bertukar data dan informasi dengan sistem aplikasi lain untuk membentuk sinergi sistem

Scalable
QHOPES akan dapat dengan mudah ditingkatkan kemampuannya, terutama penambahan fitur baru, penambahan user dan kemampuan pengelolaan data yang lebih besar

User Friendly
QHOPES akan mudah dioperasikan dengan user interface (antar muka pengguna) yang lazim berlaku di Rumah Sakit dan sesuai dengan kebiasaan bahasa penggunanya

Integrateable
QHOPES mempunyai fitur untuk kemudahan integrasi dengan sistem aplikasi lain, terutama untuk melakukan transaksi pertukaran data dan informasi antar sistem aplikasi e-Government, baik dalam lingkup satu pemerintah daerah dengan pemerintah daerah lain.

FITUR
Secara spesifik fitur-fitur unggulan yang terdapat dalam sistem ini adalah sebagai berikut:
  • Bersifat Modular sehingga dapat diimplementasikan secara bertahap sesuai dengan kondisi dan perencanaan rumah sakit.
  • Pengelolaan data pasien umum, data pasien khusus (kantor, kedinasan, dan asuransi), data pasien ASKES (Askes sosial, Askeskin, dll.)
  • Kostumisasi printout kartu berobat/ kartu rekam medis
  • Otomatisasi sistem antrian/ nomor urut pasien berobat
  • Komprehensifitas sumber data yang terakomodir dalam sistem (ICD code, tarif & tindakan medis, personil medis, PBF, dll) memudahkan penyediaan dan adjustment format/laporan.
  • Presentasi informasi cepat dalam katagori informasi pasien secara umum, Informasi bangsal/ruangan, informasi tarif, serta informasi pasien rawat inap.
  • Reliabilitas rancangan sistem jaringan yang memungkinkan aplikasi bekerja on line antar rumah sakit, poliklinik, apotik, Laboratorium, serta layanan penunjang lainnya
  • Dapat diintegrasikan dengan aplikasi medis lainnya seperti aplikasi Puskesmas (Infokes). Sehingga para pengguna baik itu pengguna di Rumah Sakit maupun diinstansi kesehatan lainnya seperti di Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan mendapatkan manfaat yang lebih dari integrasi dua aplikasi tersebut.


MODUL
Modul-modul yang termuat dalam SIMRS ini adalah:
1. Master Data
Manajemen Data Utama (Master Data) untuk kebutuhan modul-module lain yang terintegrasi diaplikasi.

2. Pelayanan Rawat Jalan
Manajemen data pelayanan rawat jalan, dimulai dari registrasi pasien, poliklinik tujuan, input diagnosa, input tindakan sampai kepada history pasien rawat jalan.

3. Pelayanan Rawat Inap
Manajemen data pelayanan rawat inap, dimulai dari registrasi pasien, input diagnosa, input tindakan, info ruangan sampai kepada history pasien rawat jalan

4. Pelayanan IGD
Manajemen data pelayanan rawat darurat (IGD), dimulai dari registrasi pasien, input diagnosa, input tindakan, input ODS sampai kepada history pasien rawat darurat.

5. Rekam Medik
Berisikan informasi resume pasien rawat jalan, rawat inap dan rawat darurat, dan laporan yang berisi rekap data pasien untuk kebutuhan internal rekam medis, Laporan RL, dan Laporan-laporan Pelayanan Medik.

6. Billing Keuangan
Berisikan fitur pelunasan billing dari pelayanan dan penunjang (fitur Kasir), verifikasi dan closing transaksi, sampai dengan laporan-laporan rekap transaksi, dan fitur pelunasan piutang

7. Farmasi
Berisikan fitur-fitur kebutuhan farmasi, mulai dari pembuatan resep terkait pasien rawat jalan, rawat inap, rawat darurat dan rujukan, fitur pelunasan resep melalui bank, manajemen distribusi obat dan alkes, dan pelaporan pengeluaran obat dan alkes serta laporan history obat pasien.

8. Radiologi
Berisikan fitur-fitur kebutuhan Radiologi, mulai dari pendaftaran, input tindakan, hasil pemeriksaan sampai dengan laporan-laporan yang berkaitan dengan radiologi.

9. Laboratorium
Berisikan fitur-fitur kebutuhan Laboratorium, mulai dari pendaftaran, input tindakan, hasil pemeriksaan sampai dengan laporan-laporan yang berkaitan dengan Laboratorium.

10. Gizi
Berisikan fitur-fitur kebutuhan penunjang Gizi sampai dengan laporan-laporan pemasukan dan pengeluaran berkaitan dengan gizi

11. Akuntansi dan Keuangan
Berisikan fitur-fitur pelaporan akuntansi, cashflow, budgeting, aset dan laporan keuangan seperti pajak, jasa medik dan lain-lain.

12. Manajemen Persediaan Farmasi
Berisikan fitur-fitur manajemen persediaan obat dan alkes farmasi, mulai dari pembelian obat dan alkes, distribusi obat dan alkes dan rekap stok obat dan alkes, juga dilengkapi dengan laporan-laporan pembelian dan laporan mutasi dan stok obat dan alkes.

13. Manajemen Persediaan Umum
Berisikan fitur-fitur manajemen persediaan barang, mulai dari pembelian barang, distribusi barang dan rekap stok barang, juga dilengkapi dengan laporan-laporan pembelian dan laporan mutasi dan stok barang.

14. HRD
Berisikan fitur-fitur manajemen  sumber daya manusia, mulai data pegawai, absensi, renumerasi, dan payroll.

15. Pemasaran
Berisi Informasi rumah sakit, jadwal poli, jadwal dokter, registrasi online melalui website.

16. Layanan SMS Gateway
Berikiskan fitur untuk mengirim pesan ke pasien maupun dokter terkait jadwal peraktek dan jadwal konsultasi. Selain itu dapat juga digunakan untuk notifikasi jika diperlukan untuk diintegrasikan dengan modul-modul lain.

17. Mobile Application
Adalah aplikasi mobile aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh pasien untuk melakukan registrasi via mobile device ataupun untuk keperluan dokter melihat berapa banyak pasien yang melakukan registrasi di poli yang dilayaninnya. Selain itu dapat juga digunakan untuk melihat update-update informasi lain yang dibutuhkan.

18. Antrian (Queue)
Modul ini digunakan di front desk pelayanan untuk ketertiban pasien dalam melakukan pendaftaran maupun pembayaran di kasir. 

Ke-18 modul tersebut terbagi dalam 4 (empat) kategori versi produk, yakni Versi STANDAR (Modul 1 s.d 6), Versi PROFESIONAL (Modul  1 s.d 10), Versi BISNIS (Modul 1 s.d. 13), dan Versi ENTERPRISE (Modul 1 s.d 18)

Gambar 1 Modul-modul SIMRS QHopes

MODEL INEVESTASI
Investasi implementasi SIM RS ini bisa dilakukan dengan 3 (tiga) model, yakni: Sistem Beli Putus atau On Premis (SBP), Sistem Sewa Tetap (SST), dan Sistem Kerjasama Operasi (KSO). Kelebihan dan kelemahan ketiga tiper kerjasama tersebut digambarkan sebagai berikut:
Gambar 2 Skema Investasi Implementasi SIMRS QHopes

Sistem Akuntansi dalam SIMRS QHopes memungkinkan untuk dilakukan Host to Host (H2H) dengan Sistem Perbankan dalam aktivitas cash management perbankan seperti pembayaran dan transaksi piutang.

Salah satu client kami adalah Rumah Sakit Muhammadiyah BandungUntuk pertanyaan, penjelasan dan follow up lebih lanjut silakan korespondensi via japri ke direct call 0811244107 atau PIN 24DA791E.

Terima kasih sebelumnya dan semoga bermanfaat.

Official Website
www.kliksci.com dan www.qtasnim.com 

Gambar 3 Arsitektur SIMRS QHOPES

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews