Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

KERJA adalah IBADAH



By  Kavtania     11:27    Labels:, 
Banyak dari kita mungkin tak sempat sadar bahwa paradoks kehidupan banyak dialami oleh sebagian dari kita. Waktu kecil kita memiliki banyak waktu, banyak tenaga, namun sedikit uang. Ketika masa produktif kita memiliki banyak uang, banyak tenaga, namun sedikit waktu. Dan pada masa tua, kita memiliki banyak waktu, banyak uang, namun sedikit tenaga.

Jika kita mengalami paradoks kehidupan seperti itu, maka kapan kita menikmati hidup? Tidak sedikit yang berujung menyesal ketika pada masa tua merasa tidak sempat banyak menikmati hidup.

Ilustrasi paradoks kehidupan di atas padahal baru sebatas pemahaman duniawi. Kesuksesan atau kebahagiaan dunia hanya terukur dari banyaknya harta atau uang. Maish belum masuk ke ranah substansi untuk apa waktu, tenaga, dan uang yang banyak kita miliki.

Jika dikembangkan lagi pada ranah substansi bahwa segala aktivitas kita adalah ibadah, maka pertanyaannya mungkin menjadi:

"Pada setiap episode kehidupan kita, sebarapa banyak waktu, tenaga, dan harta yang kita miliki diperuntukkan dalam rangka beribadah kepada Tuhan Yang Memiliki ketiganya?"

Dalam ajaran Islam, segala aktivitas kita haruslah bernilai ibadah. Termasuk kerja. Kerja haruslah bernilai ibadah. Jika kita kerja tak bernilai ibadah maka Islam mengkategorikan amalan kita adalah sia-sia, tak bernilai sedikit pun di akhirat kelak.

Mari kita sedikit membangun algoritma sederhana tentang kerja dan ibadah.

Premis 1: Kerja dilakukan untuk mendapatkan uang
Premis 2: Uang digunakan untuk kebaikan
Premis 3: Salah satu kebaikan adalah berbagi kepada sesama
Premis 4: Berbagi kepada sesama adalah ibadah

Konklusi: Kerja adalah untuk ibadah.

Maka jika kerja kita mampu menghasilkan harta yang banyak namun harta tersebut tidak dapat membawa kebaikan semisal berbagi kepada sesama, maka kerja keras kita bisa jadi tak bernilai ibadah.

Itulah mengapa, harta sebagai manisfestasi hasil kerja kita akan mendapatkan dua pertanyaan di akhirat kelak. Bagaimana memperolehnya dan untuk apa dibelanjakannya.

Semoga saja Kabinet Kerja yang menjadi nama kabinet pemerintahan sekarang adalah juga merupakan Kabinet Ibadah. Jargon Kerja ... Kerja ... Kerja ... menjadi sebuah makna Ibadah ... Ibadah ... Ibadah ...

Dan ibadah dalam Islam adalah ibadah multidimensi. Tak sekedar berbentuk horisontal terhadap sesama (Ibadah Muamalah), namun juga vertikal dengan Allah SWT (Ibadah Mahdhah).

Sehingga hasil kerja kabinet sekarang adalah juga mampu untuk meningkatkan ibadah mahdhah rakyatnya. Aamiin ...

“Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat [51]: 56)

Wallahu a'lam ...


About Kavtania

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews