Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

THE BILLIONAIRE A.K.A TOP SECRET, ATM ER RAK ERROR dan REPUTASI



By  Rudi B. Rosidi     11:18    Labels:, 
Hampir genap 3 tahun yang lalu, tepatnya pada Hari Senin Tanggal 6 Februari 2012, saya menyelesaikan dan mengupload subtitle salah satu film Thailand berjudul The Billionaire a.k.a Top Secret (TBATS) produksi GTH Films di Webportal yang khusus menyediakan subtitle, Subscene. Bagi banyak teman-teman mungkin heran, kenapa harus film Thailand? Bukankah genre film Thailand similar dengan Indonesia, yakni Genre 2P alias sekitar Paha dan Pocong?

Mungkin setelah teman-teman menyempatkan nonton The Billionaire a.k.a Top Secret ini akan menjadi tahu alasannya. Film ini sangat berbeda dengan film-film Thailand pada umumnya. TBATS bercerita tentang perjuangan menjadi seorang enterpreneur dan film ini diangkat berdasarkan kisah nyata seorang pengusaha muda di Thailand bernama Ittipat Kulpongwanich. Alasan lainnya mengapa saya menyempatkan membuat subtitle film Thailnd adalah karena kebijakan perfilman di Thailand tidak mengijinkan penyertaan subtitle dalam bahasa lain pada produk versi digitalnya seperti DVD. Sementara itu film-film Thailand relatif jarang diputar di bioskop 21 atau XXI yang masih merajai dunia perbioskopan di Indonesia. Film ini hanya ditayangkan di BlitzMegaplex yang saat itu hanya memiliki 7 outlet saja (5 di Jakarta, 1 di Teras Kota BSD City Tangerang, 1 di PVJ Bandung). Sehingga tidak mudah bagi masyarakat Indonesia berkesempatan untuk menikmati film ini. Bioskopnya terbatas, DVD nya tidak bersubtitle. 

Alhasil, netizen penyuka sinema banyak sekali yang menanti seorang yang bisa membuatkan subtitle film-film Thailand, terkhusus film TBATS ini. Sebab banyak pelajaran yang bisa diperoleh dari cerita film ini, dan menginspirasi banyak orang. Sejak berakhir waktu tayangnya di BlitzMegaplex dan ramai dibicarakan di dunia maya (dumay), lebih dari 2 bulan banyak masyarakat yang menunggu subtitle film ini. Mereka sudah mendapatkan versi DVD nya namun tidak mendapatkan subtitlenya. Beruntung saya menyempatkan nonton film ini lebih dari 3 kali di BlitzMegaplex sehingga membantu ‘ingatan’ saya dalam setiap dialog dalam film tersebut. Setelah melalui perjuangan super keras, akhirnya subtitle ini selesai saya buat dan langsung saya publikasikan buat rekan-rekan yang menunggu sejak lama di forum-forum film seperti Kaskus dan Indowebster. Respon dari teman-teman netizen sudah dapat diduga. Mereka sangat memberikan apresiasi pada saya dan bahkan ‘cendol-cendol’ banyak ditimpukkan ke saya. Thread kaskus pertama yang saya buat tak pelak membuat reputasi ijo-ijo cendol saya langsung dapat 2 balok dalam kurang dari satu minggu. Ini pun berlaku di forum indowebster, banyak rekan-rekan yang berbagi reputasi ke akun saya.



Setelah beberapa bulan berlalu, ternyata GTH Films yang banyak memproduksi film-film berkualitas mengumumkan akan merelase film baru berjudul ATM Er Rak Error (ATMERE). Film ini bergenre drama komedi dengan cerita perjuangan dua orang kekasih yang bekerja di sebuah Bank dalam membangun prioritas pilihan antara karir atau asmara melalui sebuah ‘perlombaan’ mengembalikan uang yang sudah tertarik oleh nasabah akibat kesalahan sistem software pada ATM. Trailernya sudah membuat para netizen kembali menanti penayangan film terebut lagi-lagi hanya di BlitzMegaplex. Dan seperti biasa, masyarakat yang tidak tinggal di sekitar Jakarta dan Bandung dengan terpaksa harus menunggu lagi release versi DVD dan subtitlenya. Melihat begitu antusiasnya kembali mereka, maka saya pun berniat membuat lagi subtitle film tersebut. Dan ketika sudah saya publish, maka seperti biasa, mereka langsung menyerbu akun subscene saya untuk mendownload subtitle ATMERE terebut. Maka seperti halnya ‘penghargaan’ yang diberikan ketika saya membuat subtitle TBATS, mereka pun melakukan hal yang sama pada upaya saya ini dengan menambah atau berbagi reputasi di forum kaskus maupun indowebster.

Sudah lama saya tidak berkunjung lagi di forum-forum tersebut khususnya di thread yang mengulas kedua film tersebut. Hari ini saya menyempatkan membukanya lagi dan ternyata pemberian reputasi itu masih berlangsung seiring dengan netizen yang baru mengenal film ini. Saya akhirnya cek pula akun subscene saya, dan ternyata The Billionaire aka Top Secret sudah didownload sebanyak 73.507 kali, sementara ATM Er Rak Error didownload sebanyak 69.414 kali. Banyak pula tambahan komentar dan pemberian rating pada postingan subtitle saya di subscene tersebut.



Sekarang, marilah kita beranjak mengulas ilmu hikmah dari kejadian ini. Mungkin bisa menambah wawasan kita dalam menjalani sisa hidup ke depan…

Hikmah Pertama 
Niat baik dan sikap kebaikan pasti akan berujung pada sebagian besar apresiasi kebaikan pula dari orang lain. Jangan pernah menghitung-hitung budi kebaikan yang sudah kita lakukan untuk orang lain. Biarlah Tuhan yang akan menggantinya secara langsung melalui orang lain atau pun kelak di akhirat nanti. Kalau Tuhan saja memberikan banyak kenikmatan hidup seperti oksigen yang kita hirup, metabolisme tubuh yang teratur, sistem rantai makanan yang terjaga, sirkulasi air yang seimbang, perputaran bulan-matahari yang menjaga siang-malam, dan lain-lain, maka seharusnya kita pun banyak bersyukur dengan cara lebih banyak berbagi dengan sesama.

Hikmah Kedua 
Kita semua mengetahui dan menyetujui sebuah norma bahwa apa yang kita tuai tergantung pada apa yang kita tanam. Kata filusuf, seberapa banyak padi yang ditanam oleh seorang petani maka sebanyak itu pula panen yang akan didapatkan. Bahkan kemanfaatan apa yang kita berikan akan berlangsung lama. Seperti halnya film tadi, banyak orang-orang yang mengambil manfaat dari cerita dalam film tersebut yang bisa menjadi pelajaran dalam kehidupan mereka. Tanpa kita nanti atau tunggu pun, maka amal baik kita akan mengalirkan apresiasi positif dan ganjaran yang baik pula. Subtitle yang sudah lama saya buat ternyata masih mendapatkan apresiasi dan peberian reputasi hingga sekarang. Apalagi amal baik kita di dunia, maka akan menjadi tabungan kebaikan pula buat kita kelak di akhirat nanti. Orang tua yang melahirkan anak soleh akan mendapatkan aliran ganjaran yang baik pula dari Tuhan secara terus menerus atas setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak mereka.

Hikmah Ketiga
Jika kita mendapatkan sebagian besar orang lain tidak berkesempatan berbuat baik pada suatu hal, maka jika kita berkesempatan serta mampu, alangkah baiknya kita maju melakukan kebaikan itu. Kejadian ini seringkali kita temui dalam kehidupan. Dalam keluarga misalnya, banyak dari saudara-saudara kita yang tak sempat menemani orang tua kita yang sudah berusia lanjut, maka jika kita berkesempatan, ambil alih lah tugas tersebut.

Hikmah Keempat
Sesuatu yang tidak biasa dilakukan oleh kebanyakan orang bukan berarti tidak bisa kita lakukan. Selama ada kemauan dan komitmen yang tinggi untuk mencapai tujuan tersebut, Insya Allah akan mendapatkan kemudahan untuk mampu mencapainya. Dan kita akhirnya menjadi lebih bermanfaat buat orang lain yang belum sempat melakukannya.

Hikmah Kelima
Pelajaran tentang kehidupan bisa kita dapatkan dari mana pun. Dari setiap kejadian dan peristiwa dalam episode hidup kita atau pun kehidupan orang lain. Termasuk dalam cerita sebuah film. Seraplah manfaat dari pesan kebaikan yang ada dalam sebuah film. Berikutnya jangan apriori terlebih dahulu terhadap keumuman sebuah film. Ternyata di Thailand, masih ada produsen film yang memperoduksi film-film bagus, begitu pula para sineas di Indonesia. Sebut saja meledaknya film Ada Apa Dengan Cinta, Laskar Pelangi, Ayat-ayat Cinta, The Raid, 99 Cahaya di Langit Eropa, dan film-film berkualitas lainya.

Semoga saja makin banyak rekan-rekan yang berkesempatan menyaksikan film The Billionaire a.k.a Top Secret dan ATM Er Rak Error ini untuk dapat mengambil pelajaran yang dari cerita kedua film tersebut. Aamiin …

Berikut adalah link yang berkaitan dengan kedua film tersebut
Subtitle The Billionaire aka Top Secret
http://v2.subscene.com/forums/t/191823.aspx?PageIndex=1

Subtitle ATM Er Rak Error
http://v2.subscene.com/forums/t/212628.aspx?PageIndex=1

Trit Kaskus The Billionaire aka Top Secret
http://archive.kaskus.co.id/thread/12959494/
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011186401/-

Trit Indowebster ATM Er Rak Error
http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=244233&page=6&p=18413891#post18413891

Download The Billionaire aka Top Secret
http://ganool.com/top-secret-2011-dvdrip-550mb-ganool/

Download ATM Er Rak Error
http://ganool.com/atm-error-2012-dvdrip-500mb-ganool/




About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews