Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

PURPOSE OF LIFE (2)



By  Rudi B. Rosidi     23:40    Labels: 


Dari sinopsisnya film komedi The Meaning of Life, hidup itu adalah WYSIWYG (What You See Is What You Get): you are born, you eat, you go to school, you have sex, you have children, you grow old (if someone doesn’t kill you first), and you die, and in Heaven every day is Christmas! Hahaha…

Kalau dari sisi para filsuf, agak mending. William James bilang: “purpose of life” musti dicari lewat pengalaman hidup itu sendiri.

Tapi Sains dan Logika punya pandangan yg agak parah: life is meaningless! (Aneh, sudah melalui penjelasan tautologi a la Pak Wittgenstein, lha kok ujungnya nihil, puyeng). Ini juga membingungkan para techno-biologis ketika mencoba memikirkan tentang living-machines: what is their purpose of life? To reproduce? Playing game of life? Atau kayak salamnya kaum Vulcan di Star Trek: “Live long and prosper!”?


Masalahnya: manusia hidup, lalu mati. Kalau hidup memang untuk hidup, lalu kenapa musti mati (atau dimatikan)? Kalau kita pikir, penjelasannya musti dari sesuatu yg di atas itu, sesuatu yang ibaratnya… beyond the sphere of life and death!

"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (QS Al Baqarah [2]:30)

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS Adh Dhaariyat [51]:56)

The first of all the commandments is: “Hear, O Israel, the Lord our God, the Lord is one. And you shall love the Lord your God with all your heart, with all your soul, with all your mind, and with all your strength.” (Injil Markus [12]:28 - 31)

Coba perhatikan istilah-istilahnya: “khalifah”, “menjadi abdi”, yang “mencintai Tuhannya”… Apakah kita dicipta untuk menjadi khalifah yang mengabdi dan mencintai Tuhannya? Tapi Watung, if we exist to obey, if we live to worship God, what is God’s purpose?! Nah, good question! Yah, ini juga agak-agak nggak jelas (apalah kita yang kroco ini, yang mau tahu kehendak atasannya?). Tapi ada satu Hadits Qudsi yg menarik soal itu, meskipun tetap saja jadi misteri buat saya:

Aku adalah Khazanah Tersembunyi (Kanzun Makhfi), Aku rindu untuk dikenal, karena itu Aku ciptakan makhluk agar Aku diketahui.

Dia, sebuah “misteri”, diciptakan makhluk agar Dia diketahui, dikenali keberadaan-Nya. Wuahh, ini menarik! Soalnya ada sebuah ayat di Quran (kali ini spesifik, manusia):

… ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka: “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul, kami menjadi saksi”. Agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (manusia) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini…”, (QS Al A'raaf [7]:172)

“Kami menjadi saksi.” Dia Yang Tersembunyi, tapi exist! Siapa saksinya? Manusia-lah saksinya, saksi keberadaan-Nya. Teman-teman, see how they relate each other? Jadi, ada suatu masa, sebelum kelahiran kita di bumi ini, ketika Dia dikenali (artinya tidak tersembunyi?) oleh suatu makhluk bernama manusia, dan Dia mengambil kesaksian atas hal itu. Jadi, berbicara tentang God’s purpose: manusia diciptakan untuk menjadi saksi atas keberadaan-Nya, di hari akhir nanti?!

So, kalo digabung (sori, main gabung dulu), khalifah yg mengabdi dan mencintai-Nya, menjadi saksi atas keberadaan-Nya… But why khalifah? Hmm, masih ada yg missing link nih. Talk about it later…

[Dari catatan Mas Watung, salah seorang rekan cyber spiritualku]

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews