Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

MENYIMPULKAN KEASLIAN FOTO ABRAHAM SAMAD DENGAN PENDEKATAN DATA PENGAKUAN ZAINAL TAHIR DAN DATA NOKIA COMMUNICATOR E90



By  Rudi B. Rosidi     11:25    Labels:, 
Dalam kurun waktu 100 hari pemerintahan Jokowi, rakyat Indonesia disuguhi drama politik yang luar biasa. Salah satu yang mencolok adalah kasus pengangkatan Kapolri. Diawali dari penetapan BG sebagai Calon Kapolri Tunggal oleh Presiden, lalu berlanjut penetapan BG sebagai tersangka oleh KPK, kemudian penangkapan BW oleh Polri, dan dilanjutkan dengan penyebaran gambar asusila yang diduga AS, salah satunya dalah dengan seorang wanita di sebuah kamar hotel dengan seorang wanita.

Polemik tentang gambar AS di kamar hotel semakin menjadi ketika seorang Zainal Tahir mengaku sebagai pengambil gambar alias 'tukang poto' gambar tersebut. Banyak yang berpandangan foto tersebut rekayasa dan sebagian lagi meyakini foto itu benar tanpa rekayasa, terlebih ketika ZT memberikan pengakuan.



Banyak metode yang digunakan dalam menganalisis keaslian sebuah foto, diantaranya adalah dengan menggunakan penelusuran metadata EXIF dan analisis Error Level Analysis (ELA). Tulisan ini tidak membahasnya dari aspek forensik digital tersebut, namun mencoba menganalisis dari pendekatan pengakuan ZT dengan fakta yang berkaitan dengan device yang digunakan oleh ZT dalam pengambilan foto, yakni Nokia Communicator E90. Mari kita bedah 3 data dari masing-masing sisi.

TENTANG PENGAKUAN ZAINAL TAHIR

1. Mengaku memotret langsung menggunakan Nokia Communicator E90
2. Bersumpah melakukan pemotretan, menyatakan tidak gugup, dan tidak dalam upaya meyakinkan pihak lain.




3. Pengambilan foto dilakukan pada Tahun 2007 sekitar tanggal 23 atau 24 Februari di sebuah hotel di Makassar. (Perhatikan menit 1:07 video ini).





TENTANG NOKIA COMMUNICATOR E90
1. Diumumkan di Barcelona 11 Februari 2007
2. Unit Pertama terjual di Indonesia pada tanggal 17 Mei 2007 dalam format penjualan secara lelang untuk program UNICEF
3. Pemilik pertama bernama Hartono Gunawan



Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Nokia_E90_Communicator.
http://www.engadget.com/2007/05/21/first-nokia-e90-communicator-auctioned-off-for-5000/

Memperhatikan kenyataan tersebut, maka ada 5 kemungkinan yang terjadi dari kedua sisi data tersebut:

1. ZT tidak benar mengambil gambar tersebut atau merekayasa cerita.
2. ZT benar mengambil gambar tersebut tapi tidak menggunakan Nokia Communicator E90, dan model dalam foto tersebut benar AS.
3. ZT benar mengambil gambar tersebut, tidak menggunakan Nokia Communicator E90, dan model dalam foto tersebut bukan AS.
4. ZT benar mengambil gambar tersebut, menggunakan Nokia Communicator E90, model dalam foto tersebut benar AS, namun dia salah menyebutkan waktu pengambilan gambar.
5.  ZT benar mengambil gambar tersebut, menggunakan Nokia Communicator E90, model dalam foto tersebut bukan AS, dan dia salah menyebutkan waktu pengambilan gambar.

Kemungkinan mana yang paling anda yakini? Silakan analisisnya dikembangkan misalnya dengan membaca body language dan teknik komunikasi ZT

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews