Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

PRESIDEN PSIKOPAT



By  Kavtania     08:56    Labels:,, 

Prabowo pernah dituduh oleh Hendropriyono sebagai seorang psikopat. Kira-kira dari 7 Presiden yang pernah memimpin Indonesia, siapa yang memiliki ciri yang paling dominan sebagai seorang psikopat (bukan menuduh); Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY atau Jokowi? Mari kita simak penjelasan tentang psikopat yang saya ambil dari berbagai literatur.

Psychopat berarti Sakit Jiwa (bukan Gila). Psikopat berasa dari kata Psyche yang artinya Jiwa dan Pathosyang berarti Penyakit. Pengidap penyakit ini sering juga di sebut Sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang orang yang ada di sekitarnya juga lingkunganya. Psikopat itu tidak sama dengan Gila karena para psikopat sadar betul apa yang sedang dia lakukan, tidak sama dengan orang gila.

Guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada bernama Robert D berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Kebanyakan Seorang Psikopat adalah pribadi yang berpenampilan Perfect, Pandai Bertutur Kata, Mempesona, Menyenangkan, Asik dan punya daya tarik yang luar biasa. Ada juga sebagian Psikopat yang berpenampilan berbalik dari yang di atas.

Psikopat memiliki beberapa ciri-ciri umum. Namun ciri-ciri ini diharapkan tidak membuat orang-orang mudah mengecap seseorang psikopat karena diagnosis gejala ini membutuhkan pelatihan ketat dan hak menggunakan pedoman penilaian formal, lagipula dibutuhkan wawancara mendalam dan pengamatan-pengamatan lainnya. Mengecap seseorang dengan psikopat dengan sembarangan beresiko buruk, dan setidaknya membuat nama seseorang itu menjadi jelek.

Sebuah literatur menyatakan bahwa ada 16 ciri umum dan 29 ciri khusus seorang psikopat serta ada 4 pertanyaan sebagai salah satu alat uji apakah seseorang termasuk dalam kategori psikopat atau tidak seperti yang tercantum di bawah ini.

Ciri-ciri Umum Psikopat
1. Sering berbohong, fasih dan dangkal. 
2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat. 
3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
4. Senang melakukan pelanggaran di waktu kecil.
5. Sikap acuh tak acuh terhadap masyarakat.
6. Kurang empati. Bagi psikopat, memotong kepala ayam dan memotong kepala orang tidak ada bedanya.
7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah. 
8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Tidak ada waktu bagi seorang psikopat untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
 9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh (pandai bersandiwara).
11. Mereka juga tidak memiliki tanggapan fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, ataupun gemetar. Pengidap psikopat tidak memiliki perasaan tersebut, karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah “dingin”.
12. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
13. Biasanya sangat cerdas dan mungkin paling cerdas ketika dibandingkan dengan anak-anak yang lain.
14. Biasanya banyak mengetahui sesuatu yang tidak diketahuinya dan marah jika orang lain menyalahkannya (merasa paling benar, dan biasanya anggapanya itu memang benar).
15. Mengetahui sesuatu yang tidak diketahui. Biasanya banyak yang benar dan sangat sedikit sekali yang salah.
16. Memiliki perkiraan dengan akurasi yang tinggi (perkiraannya jarang salah dan kebanyakan adalah benar atau benar semuanya).

Ciri-ciri Khusus Psikopat
1.  Glibness/Superficial Charm – menarik yang dibuat-buat
2.  Manipulative and Conning – manipulatif dan licik 
3.  Grandiose Sense of Self – memuja diri sendiri terlampau tinggi 
4.  Pathological Lying – pendusta patologis
5.  Lack of Remorse, Shame or Guilt – tak punya malu, rasa salah, atau introspeksi diri
6.  Shallow Emotions – emosi yang dangkal
7.  Incapacity for Love – tak mampu mencinta
8.  Need for Stimulation – butuh dirangsang
9. Callousness/Lack of Empathy – tak punya rasa empati
10. Poor Behavioral Controls/Impulsive Nature – kendali perilaku yang buruk, terlalu impulsif
11. Early Behavior Problems/Juvenile Delinquency – masalah masa kecil/remaja
12. Irresponsibility/Unreliability – tak bertanggungjawab, tak bisa dipercaya
13. Promiscuous Sexual Behavior/Infidelity – tidak setia, perilaku seksual yang membingungkan
14. Lack of Realistic Life Plan/Parasitic Lifestyle – tak memiliki rencana hidup nyata dan perilaku hidup seperti parasit/benalu
15. Criminal or Entrepreneurial Versatility – kecenderungan kriminal dan entrepreneurial
16. Contemptuous of those who seek to understand them – ketus kepada mereka yang tak mau mengerti dirinya
17. Does not perceive that anything is wrong with them – tak mengakui ada yang salah dengan dirinya
18. Authoritarian – otoriter
19. Secretive – tertutup
20. Paranoid – paranoid
21. Conventional appearance – penampilan yang konvensional
22. Goal of enslavement of their victim(s) – punya tujuan memperbudak korbannya
23. Exercises despotic control over every aspect of the victim’s life – selalu menginginkan kendali absolut dalam setiap aspek kehidupan korbannya
24. Has an emotional need to justify their crimes - memiliki kebutuhan emosional untuk membolehkan kejahatannya  
25. Ultimate goal is the creation of a willing victim – tujuan utamanya adalah menciptakan kejahatan dengan korban yang pasrah 
26. Incapable of real human attachment to another – tak mampu berhubungan sejati dengan manusia lain
27. Unable to feel remorse or guilt – tak mampu merasakan rasa salah ataupun memberikan tanggungjawab
28. Narcissism, grandiosity (self-importance not based on achievments) – narsis, suka pamer
29. May state readily that their goal is to rule the world – menyatakan bahwa mereka siap menguasai dunia 

Salah satu alat uji seorang berbakat psikopat atau tidak adalah dengan memberikan tes sebagai berikut:

1. Ada seorang anak yang mendapat hadiah ulang tahun berupa sepeda dan sepatu bola (ada versi yang menyebutkan bola sepak). Namun ia membencinya. Kenapa?

2.  Ada dua orang wanita bersaudara, Bertha dan Martha. Suatu hari ibu mereka meninggal dan pada hari pemakamannya, Bertha melihat sesosok pria yang sangat tampan. Ia langsung jatuh cinta pada pemuda itu. Namun ia tak berhasil menemukannya karena tak tahu siapa dia sebenarnya. Nah, pada suatu hari Bertha membunuh saudarinya, Martha. Kenapa?

3. Engkau menginap di lantai 10 sebuah hotel. Suatu malam kau melongok dari balkon dan melihat seorang pembunuh menghabisi korbannya. Sang pembunuh tak sengaja melihatmu. Dari atas kau bisa melihat ia mendekatkan jarinya ke wajahnya dan membuat gesture (gerakan tubuh). Apa yang ia lakukan?

4.  Andaikan kau harus membunuh seseorang dan ia sedang bersembunyi di dalam lemari, apa yang akan kau lakukan?







Dan berikut adalah Jawaban-Pertanyaan Versi Orang Normal dan Versi Psikopat. 

1. Pertanyaan: "Ada seorang anak yang mendapat hadiah ulang tahun berupa sepeda dan sepatu bola (ada versi yang menyebutkan bola sepak). Namun ia membencinya. Kenapa?"

Jawaban versi Normal : 
Mungkin ada yang menjawab kalo anak itu adalah perempuan atau lebih simpel lagi karena anak itu memang nggak suka sepeda dan sepak bola atau mungkin kalian menjawab anak itu menginginkan hadiah lain yang lebih dia sukai. Namun jawaban versi psikopat itu sangatlah disturbing.

Jawaban versi Psikopat: 
Karena anak itu tak punya kaki (cacat).


2. Pertanyaan: "Ada dua orang wanita bersaudara, Bertha dan Martha. Suatu hari ibu mereka meninggal dan pada hari pemakamannya, Bertha melihat sesosok pria yang sangat tampan. Ia langsung jatuh cinta pada pria itu pada pandangan pertama. Namun setelah acara pemakaman ibunya selesai , pria itu pulang sebelum bertha sempat berkenalan denganya. Nah, pada suatu hari Bertha membunuh saudarinya, Martha. Kenapa?"

Jawaban versi Normal: 
Kalian pasti kebanyakan menganggap bahwa terjadi cinta segitiga antara Bertha , Martha dan pria itu , atau mungkin kalian menjawab alasan bertha membunuh martha ialah di karenakan Martha juga menyukai pria itu (mencintai pria yang sama) atau Pria itu adalah pacar Martha dan Jawaban Normal lainya. tapi tidak dengan yang satu ini

Jawaban versi Psikopat: 
Agar Bertha bisa bertemu lagi dengan pemuda itu di pemakaman saudarinya. 


3. Pertanyaan: "Engkau menginap di lantai 10 sebuah hotel. Suatu malam kau melongok dari balkon dan melihat seorang pembunuh menghabisi korbannya. Sang pembunuh tak sengaja melihatmu. Dari atas kau bisa melihat ia mendekatkan jarinya ke wajahnya dan membuat gesture (gerakan tubuh). Apa yang ia lakukan?"

Jawaban versi Normal : 
Si pembunuh mendekatkan jarinya ke bibirnya, mengisyaratkan agar kamu tutup mulut dan tidak mengatakan apapun ke polisi.

Jawaban versi Psikopat:
Ia sedang menghitung di lantai mana kamu tinggal supaya bisa membunuhmu juga.


4. Pertanyaan: "Andaikan kau harus membunuh seseorang dan ia sedang bersembunyi di dalam lemari, apa yang akan kau lakukan?"

Jawaban versi Normal : 
kebanyakan orang jika mendengar pertanyaan ini maka jawaban yang langsung tercetus adalah: membuka lemari lalu membunuh orang itu.atau membunuhnya dalam Lemari  bisa juga membakar lemarinya tapi ...

Jawaban versi Psikopat:
Menunggu hingga orang itu keluar dari lemari, baru membunuhnya.

About Kavtania

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews