Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

REAKSI NUKLIR DAN TEAMWORK



By  Rudi B. Rosidi     07:39    Labels:, 
Dalam fisika nuklir, dikenal dua jenis reaksi nuklir, yaitu reaksi fusi nuklir dan reaksi fisi nuklir.

Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi yang bersih. Contoh partikel yang dileburkan adalah Deuterium yang merupakan isotop dari unsur Hidrogen. Reaksi ini terjadi pada matahari atau bintang-bintang.

Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan dengan neutron, dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik. Contoh partikel yang dibelah adalah Uranium atau Plutonium. Reaksi ini terjadi pada reaktor nuklir dan bom nuklir.

Persamaan dari kedua jenis reaksi nuklir tersebut adalah bahwa keduanya mampu menghasilkan energi yang sangat besar.




Jika ditarik dalam terminologi sosiologi, fenomena fusi dan fisi nuklir memberikan pelajaran tentang bagaimana sebaiknya membangun sebuah team workdalam beraktivitas. Bersatu atau terbelahnya antar personal dalam tim seharusnya mampu menghasilkan energi yang besar, bukan malah mengurangi energi dan produktivitas tim.
Sebab, kata kunci dari pembentukan team work adalah sebuah upaya konvergensi untuk mampu menghasilkan kekuatan dan manfaat yang lebih besar buat sebanyak mungkin sesama.

Ketika dua, tiga, empat atau sekumpulan orang berkumpul dan menyatu dalam sebuah team workmaka ibarat reaksi fusi, mereka seharusnya menghasilkan energi yang dahsyat seperti halnya energi matahari. Kemampuan masing-masing saling berkolaborasi membentuk formasi yang indah.

Di sisi lain, ketika dua, tiga, empat atau sekumpulan orang harus terpisah dari sebuah team work, maka barat reaksi fisi, perpisahan merekapun seharusnya menghasilkan energi yang dahsyat pula seperti halnya energi yang dihasilkan dari reaksi fisi. Bisa jadi bentuk energi itu adalah kesadaran yang tinggi dari masing-masing person yang terpisah untuk kemudian berupaya menjadi lebih baik secara mandiri.

Maka, tergabung atau terpisahnya antar personil dalam sebuah team work itu bukanlah sisi yang lebih penting untuk kita cermati dibandingkan akibat yang dihasilkan dari kondisi keduanya.  Team work adalah "sebuah team yang benar-benar work", bukan menjadi "mana yang team, mana yang  work".

Jika tergabungnya antar personal mampu berfungsi sebagai reaksi fusi atau terpisahnya antar personal mampu berfungsi sebagai reaksi fisi, maka kondisi ini akan lebih baik dilakukan karena akan menghasilkan energi dan kemanfaatan yang lebih besar. Namun jika sebaliknya yang terjadi, maka keduanya merupakan potensi bencana. Kegagalan bergabungnya antar person ibarat kegagalan pembentukkan bintang baru yang tak punya energi dan terpisahnya antar personil hanya menghasilkan unsur baru sebagai limbah nuklir yang berpotensi negatif. 

Maka pepatah yang mengatakan "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" harus memenuhi syarat reaksi fusi, yakni menghasilkan energi positif. JIka ternyata bersatunya antar komponen tak mampu menghasilkan energi, peribahasa itu bisa diganti dengan "Bersatu tak mesti teguh, bercerai tak mesti runtuh".

Filosofi fusi dan fisi nuklir ini bisa membawa kita pada pemahaman mengapa Tuhan membolehkan perceraian meski sangat dibenci. Bertemu dan berpisah adalah sebuah keniscayaan dalam hidup.

”Ada tujuh golongan yang Allah akan menaungi (kelak di hari kiamat) dalam naunganNYA yang saat itu tidak ada naungan kecuali naungan Allah, (1) imam yang adil, (2) dan remaja yang tumbuh sejak kecil terus beribadah kepada Allah, (3) dan laki-laki yang hatinya digantungkan pada masjid, (4) dan dua orang laki laki yang saling mencintai karena Allah, mereka berkumpul karna Allah dan berpisah juga karna Allah,(5) dan laki-laki yang didatangi perempuan terhormat yang cantik (mengajak berzina) namun ia menolak dan mengatakan aku takut kepada Allah, (6) dan laki-laki yang bersedekah sesuatu, memberikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa-apa yang diinfakkan oleh tangan kanannnya, (7) dan laki-laki yang berzikir saat sepi dan meneteskan air mata (karena takut kepada Allah)
(HR Muslim)

Selamat pagi, selamat memulai weekdays yang indah. Semoga aktivitas kita kali ini mampu membuat kekuatan kita menjadi lebih besar dalam kebersamaan yang indah, seperti energi yang dihasilkan dari reaksi fusi atau fisi nuklir. Aamiin ...

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews