Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

RINTIK HUJAN, GELOMBANG dan KESEMPATAN



By  Rudi B. Rosidi     22:20    Labels:, 

November sepekan lagi kan berakhir, dan rinitik hujan pagi ini masih mengiringinya. Suasana rintik di malam hari seringkali menyisakan kenangan pada masa lalu.

Hujan dengan keindahan rintiknya mempunyai potensi yang lebih besar untuk membawa manusia pada keheningan dan kejernihan berpikir dibandingkan ketika suasana cerah bahkan panas.

Jika kita mau belajar memahami ayat-ayat kauniyah maka seharusnya kita dapat banyak mengambil hikmah dari suasana seperti rintik hujan.

Mengapa suasana hujan cenderung mampu membawa kita pada perenungan mendalam tentang perjalanan kehidupan? Mungkin ini bisa dijelaskan dari beberapa sudut pandang.

Jika ditelaah dari pendekatan ilmu gelombang, maka bunyi hujan adalah salah satu bentuk gelombang. Gelombang adalah getaran yang harmonis. Dalam ilmu kesehatan, keteraturan bunyi yang berulang-ulang dengan frekuensi dan amplitudo yang relatif seragam dapat menyebabkan efek nyaman. Itulah mengapa kita dilarang minum obat ketika sedang mengendarai kendaraan atau menjalankan mesin. Karena bunyi kendaraan dan mesin yang berulang akan menyebabkan efek kantuk pada obat semakin berlipat yang menyebabkan resiko kecelakaan semakin besar. Kenyamanan dalam suasana hujan menjadi terbentuk dengan sendirinya yang akhirnya membawa simpul-simpul saraf otak kita menjadi leluasa bekerja.

Maka manfaatkanlah suasana hujan semaksimal mungkin untuk memberikan kesempatan pada diri kita untuk merenungi kehidupan, tentang perjalanannya yang telah terjadi dan tentang rahasianya yang masih menjadi misteri di masa datang. Manfaatkan suasana hujan untuk berkumpul dengan keluarga atau sahabat dekat untuk berdiskusi hal-hal yang bermanfaat.

"Jangan jadikan hujan sebagai sumber masalah atas keterbatasan aktivitas di luar rumah kita. Namun pandanglah hujan sebagai sebuah kesempatan berharga bagi kita untuk mempelajari hidup lebih dalam."

Buat rekan-rekan semua, selamat menikmati malam yang indah dalam suasana hati yang selalu cerah walau mungkin kali ini hujan sedang menyertai kehadirannya.

wallahu a'lam

Cigamea

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews