Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

OKSIDASI HATI



By  Rudi B. Rosidi     16:47    Labels:, 

Oksidasi dalam ilmu kealaman adalah interaksi antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda. Oksidasi merupakan pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion.

Kadang-kadang oksidasi bukan hal yang buruk, seperti dalam pembentukan aluminium anodized super tahan lama. Sisi lain, oksidasi dapat merusak, seperti karat dari sebuah mobil atau merusak buah segar.

Dalam kasus besi, oksigen ini akan membuat proses pembakaran yang lambat, yang menghasilkan substansi berwarna coklat yang rapuh yang disebut karat. Ketika oksidasi terjadi pada tembaga, di sisi lain, hasilnya adalah lapisan oksida tembaga berwarna kehijauan.

Jika oksigen diibaratkan sebagai 'pesan kebaikan' kepada hati kita, maka proses oksidasi hati bisa dianalogikan sebagai pengaruh pesan kebaikan pada kita. Jika hati kita mampu menerima pesan kebaikan itu dengan baik, maka keimanan menjadi semakin kuat seperti halnya alumunium anodized tadi. Dan bersyukurlah kita dengan hal ini.

Namun sebaliknya jika pesan kebaikan malah membuat hati kita menjadi semakin tak betah dan keras, maka oksidasi terus menerus bisa jadi akan membuat hati kita menjadi semakin 'berkarat'. Maka dianjurkan untuk meninggalkan orang-orang yang hatinya sudah keras dan 'berkarat' tersebut agar kita tidak menyia-nyiakan waktu atau bahkan tergelincir dengan orang-orang tersebut.

Satu hal yang perlu diingat adalah perilaku keliru yang berulang dapat menjadi kebiasaan. Dan kebiasaan dapat menjadi kewajaran. Jika sudah menjadi wajar maka bisa bergeser kepada pembenaran.

Maka, berhati-hatilah terhadap setiap keadaan yang memungkinkan terjadinya oksidasi yang mengusamkan hati. Karena kita tak kan pernah tahu kapan ajal akan menjemput atau kapan azab Allah SWT berlaku pada diri di masa datang hingga kita menjadi tersadar akan segala kekeliruan yang ada.

Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian,” pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. (QS al-Baqarah [2]: 8-10)

Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (QS an-Nisa'[4]:63)

Wallahu a'lam ...

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews