Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

PENGENALAN IDEA UNTUK AUDIT



By  Rudi B. Rosidi     10:27    Labels:, 

Proses bisnis, baik secara manual maupun komputerisasi, perlu dilakukan audit. Audit diperlukan untuk memastikan semua data yang digunakan adalah benar. Data yang benar akan membuat proses bisnis berjalan dengan benar pula.

Dulu audit dikerjakan dengan menggunakan informasi statis dalam periode waktu tertentu. Pada saat ini data begitu dinamis karena hampir semua data sudah merupakan hasil digitalisasi. Audit secara manual akan banyak memakan effort, inefisiensi, dan memungkinkan terjadinya banyak kesalahan.

Solusinya adalah melakukan audit dengan aplikasi. Software IDEA adalah jawabannya. Aplikasi ini sudah banyak dipakai di banyak negara di seluruh dunia.

IDEA adalah aplikasi desktop yang mudah digunakan untuk melakukan analisa audit. IDEA ini memberi kekuatan bagi auditor/ analis secara langsung tanpa perantara, karena hasil IDEA sangat independen dalam memberikan laporan.

IDEA sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu. IDEA merupakan sebuah konsep baru karena dapat menggunakan komputer PC, padahal biasanya untuk melakukan pengujian audit hanya bisa dilakukan oleh aplikasi yang dijalankan di komputer server mainframe.

Awalnya IDEA berjalan di sistem operasi DOS, kemudian dikembangkan untuk dapat dioperasikan di Windows 16 bit dan 32 bit.

Semula IDEA dikembangkan dan dipasarkan oleh CICA (Canadian Institute of Chartered Accountants), namun pada tahun 2000 diambil alih oleh CaseWare yang memiliki banyak resource untuk mengembangkannya.

Sistem Manajemen Audit IDEA dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang terkait dengan audit, di antaranya:

  • Untuk investigasi penipuan/penggelapan, misalnya dalam aktitifas pembelian/ pengadaan material, penggajian, money laundering, dan lain-lain.
  • Dalam bidang keuangan dan analisa lainnya
  • Dalam bidang keamanan (jaringan, telepon, firewall logs)
  • Dalam bidang audit operasional (penyimpangan terhadap peraturan/ kebijakan perusahaan, value for money)
  • Dalam bidang audit sistem (keabsahan data, kelemahan sistem)


Beberapa keunggulan yang dimiliki IDEA adalah:

  • IDEA melindungi sumber data dengan hanya membolehkan akses read-only pada data klien, sehingga menghindari perubahan data yang tidak diinginkan dan menjaga integritas data.
  • IDEA dapat mengeskpor dan mengimpor data dalam berbagai format, termasuk data asli dari komputer mainframe yang besar dan software akuntansi yang sudah ada.
  • IDEA memudahkan pengaturan file dan hasil analisanya serta menunjukkan sumber dari hasil audit.
  • IDEA dapat membaca dan memproses jutaan data dalam waktu cepat (hitungan detik). Tidak ada batasan jumlah data yang bisa diproses.




About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews