Welcome to Kavtania's Blog

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...
Follow Me

Mengenal Information Technology Infrastructure Library



By  Rudi B. Rosidi     09:01    Labels:, 

Apakah yang di maksud dengan Service Management?

Service atau  layanan merupakan sarana penyampaian nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi hasil yang ingin pelanggan untuk mencapai tanpa kepemilikan biaya dan risiko spesifik.sementara itu,Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan dengan cara mengatur, membimbing, mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Service Manajemen  adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan, dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Service Management (Layanan Manajemen) dapat dikatakan sebagai suatu profesi yang memerlukan ketrampilan dan kedisiplinan yang cukup tinggi.

Selain itu, profesi berusaha untuk menggunakan pengaruhnya melalui pengembangan pedoman praktek yang baik dan saran untuk meningkatkan standar kinerja di bidangnya diberikan.Service Manajemen memiliki hak yang jelas untuk menganggap dirinya sebagai sebuah profesi karena didukung oleh komunitas global ditarik dari semua sektor pasar. Ada tubuh yang kaya pengetahuan dan pengalaman termasuk skema formal untuk pendidikan individu.

ITIL Framework

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

ITIL memberikan panduan tentang bagaimana aspek yang berbeda dari solusi dapat dikembangkan.Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dan Kantor Kabinet, dengan kerjasama dari kelompok pengguna independen ITSMF (IT Service Management Forum), mereka telah berkomitmen untuk menjaga standar dan kerangka kerja agar lebih selaras.Namun, pada dasarnya tetap saja terdapat tujuan yang berbeda sehingga tidak mungkin standar dan kerangka kerja akan benar benar selarsas.ITIL memiliki komponen-komponen berikut:

  • ITIL Core: Publikasi menggambarkan praktek terbaik generik yang berlaku untuk semua jenis organisasi yang memberikan layanan kepada bisnis.
  • ITIL Pelengkap Bimbingan: Satu set publikasi dengan bimbingan khusus untuk sektor industri, jenis organisasi, model operasi dan arsitektur teknologi.
  • Service Support: yaitu aktifitas yang dilaksanakanminimal setiap hari
  • Service Delivery:  kegiatan yang dilakukan miminal dalam jangka waktu yang lebih lama setahun atau sebulan

Tujuan ITIL

Kelima hal berikut merupakan petunjuk dalan manajemen layanan teknologi informasi
1. Service Strategy
Perencanaan untuk membangun kemampuan service management dan penyelarasan layanan dan strategi bisnis. berikut merupakan proses-proses yang dicakup dalam Service Strategy adalah:

  • Service Portfolio Management
  • Financial Management
  • Demand Management

2. Service Design
Tahap ini berisi prinsip dan metode desain untuk mengkonversi tujuan strategis s organisasi TI umumnya dapat  menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan, seperti server, storage dan sebagainya.Ruang lingkup Service Design tidak hanya merancang dan mengembangkan layanan TI yang sesuai, termasuk arsitektur, proses, kebijakan dan dokumen, namun juga proses-proses perubahan maupun peningkatan kualitas layanan, kontinyuitas layanan maupun kinerja dari layanan.
Proses-proses yang dicakup dalam Service Design yaitu:

  • Service Catalog Management
  • Service Level Management
  • Supplier Management
  • Capacity Management
  • Availability Management
  • IT Service Continuity Management
  • Information Security Management

3. Service Transition
Mengembangkan kemampuan dalam transisi layanan baru dan layanan modifikasi desain untuk dijadikan produksi.Proses-proses yang dicakup dalam Service Transition yaitu:

  • Transition Planning and Support
  • Change Management
  • Service Asset & Configuration Management
  • Release & Deployment Management
  • Service Validation
  • Evaluation
  • Knowledge Management

4. Service Operation
Tahap pencapaian untuk mendukung efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan agar dapat memastikan adanya nilai bagi pelanggan dan penyedia layanan.

5. Continual Service Improvement
Fase menciptakan dan memelihara nilai bagi pelanggan dengan perbaikan desain, dan pengenalan layanan dan operasi.

Service Management sebagai Aset Strategis

Penggunaan ITIL dapat merubah Service Management  menjadi aset strategis, dengan memberikan Service Management menjadi dasar bagi kompetensi inti, kinerja khusus dan keuntungan tahan lama, serta meningkatkan potensi penyedia layanan dari:

  • Kapabilitas: kemampuan penyedia layanan untuk mengkoordinasikan, mengendalikan dan menyebarkan sumber daya.
  • Sumber daya: pemasukan langsung untuk memproduksi layanan, misalnya keuangan, modal, infrastruktur, aplikasi, informasi dan orang‐orang

Sumber:
IT ServIce ManageMenT A Guide for ITIL® Foundation Exam Candidates Second Edition Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan Lawes and John Sansbury
https://artxmarket.wordpress.com/2010/03/24/information-technology-infrastructure-library-itil/
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
http://hornhoward.blogspot.co.id/?zx=6f4b6e3d48b972cf

About Rudi B. Rosidi

Skills: Multimedia Learning, Information Technology, Numerical Analysis. - Occupation: Business, Lecturer. - Employment: PT Softchip Computama Indonesia, CEO. - Official Website: www.kliksci.com. - Communities: IT Development, Midwifery Industries, Fatinistic.

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Follow by Email

Labels

Translate

Revolusi Akal dan Hati

Melewati sisi waktu yang tak terhenti, bernaung dalam ruang yang tak terbatas, untuk sebuah pemahaman yang tak berujung ...

Total Pageviews